12. BISIKAN IBLIS KEPADA PEMILIK HARTA

 5,736 total views,  4 views today

12. BISIKAN IBLIS KEPADA PEMILIK HARTA
Oleh Ustadz M. Iqbal Rahmatullah, Lc (Mudir Abdullah bin Abbas Cianjur)

     Imam Ibnul Jauzy –rahimahullah– berkata:

     “Iblis telah menipu para pemilik harta dalam empat sisi:

     Pertama: cara mencarinya, maka mereka tidak peduli bagaimana harta itu ada, padahal kebanyakan interaksinya dengan riba.

     Kedua: kikir terhadapnya, maka diantara mereka ada yang tidak mengeluarkan zakat sama sekali; dengan alasan ingin dimaklumi.

     Ketiga: memperbanyak harta, maka orang kaya melihat dirinya lebih baik dari orang miskin, dan ini kebodohan; karena keutamaan itu dengan keutamaan-keutamaan jiwa yang terus ada …”

     “Keempat: dalam menginfakkannya, diantara mereka ada yang infak dengan berlebihan. Terkadang dengan melebihi kebutuhan dan memperindah rumah.

     Diantara mereka ada yang jika bersedekah ia memberikannya kepada seorang miskin; dalam keadaan orang lain melihatnya, maka ia telah mengumpulkan (dua dosa, yaitu) antara keinginan agar dipuji dan antara menghinakan orang miskin.

     Diantara mereka ada yang bersedekah kepada orang-orang jauh, dan tidak berbuat baik kepada sanak kerabat, padahal mereka lebih utama.

     Diantara mereka ada yang berinfak untuk tarian, dan Iblis menipunya dengan mengatakan bahwa kamu telah mengumpulkan orang-orang miskin dan memberi mereka makan, justru itu termasuk yang merusak hati.”[1]

Baca tulisan sebelumnya di 11. NASAB BUKAN TOLAK UKUR KESELAMATAN


[1] Ibid, lihat hal. 455-459.

1 thought on “12. BISIKAN IBLIS KEPADA PEMILIK HARTA”

Leave a Comment