PESANTREN LANSIA HUNUL KHATIMAH KE 4

 3,861 total views,  2 views today

PESANTREN LANSIA HUNUL KHATIMAH KE 4

Pesantren Lansia Husnul Khatimah yang diselenggarakan tiap bulan oleh Yayasan Generasi Tangguh Mulia. Angkata 4 diikuti 54 peserta dari berbagai daerah, mulain dari Jabodetabek, Sumatra bahkan ada yang dari Banjarmasi Kalimantan. Antusias peserta yang sangat luar biasa terlihat dari sehari sebelum kegiatan sudah ada yang datang, bahkan Senin pagi yang dingin itu tidak mengurangi semangat peserta untuk datang awal waktu, sekalipun pembukaan dimulai ba’da asar.

Tepat pada pukul 16.00 WIB peserta memasuki Aula untuk menghadiri Pembukaan. MC yang bertugas Ustadz Anas Malik menyampaikan susunan acara. Mulai dari Pembacaan ayat suci al-Qur’an, lalu sambutan oleh Pembina Yayasan Ustadz Abu Rufaydah Endang Hermawan, Lc. MA. Beliau menyampaikan kalimat sambutan kepada para peserta dan menyampaikan tentang program Yayasan Generasi Tangguh Mulia dari program Pendidikan, Sosial dan Dakwah.

Kemudian dilanjutkan sambutan ke dua oleh Wakil Ketua Umum MUI Cianjur Ustadz Dr. KH. Ahmad Yani, S. IP. M, Si. Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Generasi Tangguh Mulia yang mengadakan kegiatan Pesantren Lansia, selain membantu MUI dalam mencerdaskan masyarakat juga kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para lansia dalam mengisi waktu luang meraka.

Beliau juga menyampaikan bebrapa program MUI terutama program yang beliau rintis sejak 9 tahun lalu di Cianjur yaitu Pesantren Lapas At-Taubah Cianjur. Terakhir beliau menyampaikan anjuran dan ajakan kepada para lansia lainnya untuk mengikuti kegiatan Pesantren Lansia Husnul Khatimah.

Acara inti disampaikan oleh Ustadz Abu Nida Fatahullah, Lc. Beliau menyampaikan tentang pentingnya belajar diusia senja dan beliau pun menyampaikan kiat-kiat husnul khatimah yang bisa dirancang sedini mungkin, sehingga waktu yang tersisa tidak sia-sia dan bisa wafat hunul khatimah.

Selama lima malam enam hari para peserta mengikuti beragam kegiatan seperti Tahsin, Kajian Subuh dan Dhuha, Dzikir pagi petang dan konsultasi. Tepatnya pada hari Jum’at, 21 Januari 2022 peserta Pesantren Lansia Angkatan 4 menjadi saksi sejarah peletakan batu pertama Pesantren Abdullah bin Abbas Cianjur. Pesantren yang mengkader para guru dan da’i ini kelak diharapkan bisa berkiprah di masyarakat dan bermanfaat bagi umat.

Ba’da Isya dilanjutkan dengan penutupan. Ustadz Didin Wahyudi selaku ketua Paniti menyampaikan permintaan maaf dan ucapan terima kasih. Lalu dilanjutkan kalimat nasihat dari Ustadz Abu Rufaydah Endang Hermawan, Lc. MA agar para lansia untuk senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan kepadanya.

Program bulan Februari yaitu Family Gathering Mawaddah pada tanggal 18-20 Februari dilanjutkan dengan pesantren Lansia angkatan 5 tanggal 21-26 Februari 2022. Jangan lupa ajak keluarga, karib kerabat dan teman-teman. Semoga bermanfaat.

baca juga PEMBUKAAN PESANTREN LANSIA HUSNUL KHATIMAH

Leave a Comment