SEJARAH KUTTAB IMAM ASY-SYAFIÍ

 5,389 total views,  2 views today

LATAR BELAKANG

Kuttab Imam asy-Syafií berdiri sejak tahun 2018 dibawah Yayasan Ibnu Unib yang didirikan oleh Ustadz Abu Rufaydah Endang Hermawan, Lc. MA dan Ustadz Miftahul Khairi. Pada awalnya Kuttab Imam asy-Syafii atau yang dingkat KIS didirikan untuk anak-anak asatidz yang mengajar di Ma’had Uhud al-Islamy dan sekitarnya. Diperuntukkananak usia 5-12 tahun atau setara dengan TK-B sampai SD.

Mengingat Sekolah Dasar atau yang setingkat dengannya sudah terlalu banyak dan kurangnya perhatian pada al-Qurán dan karakter iman. Fokus pada al-Qurán karena tidak ada Ulama kecuali al-Qurán menjadi pelajaran pertamanya. Adapun perhatian kami kepada karakter iman, karena menjamurnya sekolah dan ma’had tahfidz yang hanya fokus pada hafalan saja tanpa memperhatikan karakter iman pada anak.

Setelah diskusi kurang lebih satu tahun dan Ustadz Abu Rufaydah berdakwah tentang parenting di Cianjur lebih dari 4 tahun. Barulah pada tahun 2018/2019 dibuka pendaftaran perdana untuk wilayah Cianjur yang berlokasi di Jl. KH. Abdullah bin Nuh Kp. Nagrak Karangtengah Cianjur yang saat itu digunakan juga untuk Ma’had Uhud tingkat SMA.

Santri angkatan pertama sebanyak 12 siswa dengan dua guru, jumlah santri 12 agar dan guru 2 yang terdiri dari guru al-Qurán dan guru Diniyah agar memudahkan kedua guru membaca dan memahami karakter peserta didik. Saat itu yang menjadi guru al-Qurán Ustadz Miftahul Khairi dan guru diniyah Ustadz Khalis dengan tetap memperhatikan pelajaran matematika dan bahasa indonesia. Kedua pelajaran itu menjadi bagian penting untuk pelajaran umum.

NAMA KUTTAB IMAM ASY-SYAFII

Dinamakan dengan Kuttab Imam asy-Syafii karena Kuttab adalah salah satu lembaga pendidikan hasil dari peradaban islam, sejak lama nama Kuttab disebutkan dalam kitab-kitab Turast bahkan sejak zaman sahabat atau lebih tepatnya zaman Tabiín nama Kuttab sudah tidak asing ditelinga masyarakat saat itu.

Adapun menamai Kuttab dengan Kuttab Imam Asy-Syafií karena nama Imam asy-Syafii tidak asing lagi diteling masyarakat dunia khususnya Indonesia. Setidaknya anak-anak terinpirasi dari kehidupan Imam asy-Syafii yang sejak usia dini sudah hafal al-Qurán.

Dengan nama di atas maka kami berharap anak-anak mengetahui lembaga pendidikan yang lahir dari peradaban islam yang yaris ulama-ulama salaf bisa dipastikan mereka belajar dari Kuttab seperti Imam al-Bukhari dan para Imam lainnya.

TUJUAN

Tujuan berdirinya Kuttab Imam asy-Syafií yaitu mencerdaskan anak bangsa dalam bernegara dan beragama. Membantu pemerintah dalam melaksanakan tujuan pendidikan nasional yang termaktub dalam UUD. Selain itu KIS didirikan bertujuan mengembalikan masa kecil anak kepada masa kejayaan islam yaitu menjadikan al-Qurán sebagai pejaran pertama yang dipelajari sehingga menjadi panduan hidup.

Jika pada lembaga lain sekolah didirian bertujuan sebagai tempat belajar dan guru sebagai pembimbing, maka tujuan pendidikan di KIS melibatkan dua unsur penting pendidikan yaitu guru dan ortu untuk bekerjasama dalam mendidik generasi. Kuttab mengajarkan ilmu dan rumah mendukung dan membantu pelajaran-pelajaran Kuttab, sehingga ortu mengetahui bahkan belajar bersama anaknya untuk mencapai tujuan pendidikan.

KURIKULUM KIS

Kuttab Imam asy-Syafií bukan lembaga tahfidz yang fokus pada hafalan al-Qurán saja, namun tetap al-Qurán menjadi pelajaran utama. Setiap hari lebih dari satujam setengah anak-anak menghafal dan memurajaah al-Qurán agar tercapai 5 juz setiap alumni KIS. Adapun pelajaran Umum disadur dari turunan ayat-ayat al-Qurán yang berkaitan dengan binatang, alam dan manusia. Agar anak-anak semakin takjub dan cinta dengan al-Qurán.

Tiga tahun pertama anak disiapkan untuk bisa memahami bagaimana cara belajar dan beradab dengan Allah, guru, ortu dan qurán. Tiga tahun awal ini kami sebut dengan Kuttab dasar, anak selain diajarkan bagaimana cara belajar juga anak diajarkan karakter iman. Setiap ayat dan hadits yang dipelajari bertujuan agar membuahkan iman pada diri anak. Sehingga mereka semakin cinta, takut dan berharap kepada Allah.

Empat tahun setelahnya anak diajarkan pembiasaan, biasa menghafal al-Qurán, terbiasa melaksanakan shalat fardhu dan melakukan amalan shalih lainnya. Di tingkat ini anak-anak akan diajarkan tadabbur juz 30, mutun tholibul ilmi seperti Nawaqidul islam, Qowaidul Arba’, Tuhfathul Athfal dan kitab-kitab lainnya. Jika ditiga tahun pertama anak sedang belajar meneladani guru dan ortu di empat tahun setelahnya anak membiasakan beramal kebaikkan.

LOKASI DAN BIAYA

Di tahun kedua Kuttab Imam asy-Syafií membuka cabang di Cipanas yang beralamat di Jl. Loji Ar-Riyadh Kp. Cijuray RT/RW 01/018 Desa Cipanas Kec. Cipanas Cianjur atau tepatnya di Ma’had Hawa Litta’limil Qurán. Angakatan pertama berjumlah 11 siswa dengan dua guru. Kuttab Imam asy-Syafii Cianjur terletak ditempat yang sangat strategis dan terjangkau dari berbagai arah karena lokasinya tidak jauh dari gedung DPRD Cianjur.

Adapun biaya dibandingkan dengan lembaga yang semisal maka KIS termasuk lembaga yang terjangkau oleh semua kalangan. Bahkan KIS membuka program beasiswa bagi yang tidak mampu, adapun guru KIS dibebaskan semua biaya kecuali seragam dan biaya semesteran.

Cianjur, 2 November 2021

1 thought on “SEJARAH KUTTAB IMAM ASY-SYAFIÍ”

Leave a Comment