PESANTREN LANSIA Ke 2

 3,074 total views,  2 views today

Senin, 15 November 2021 bertepatan dengan kedatangan para peserta Pesantren Lansia Husnul Khatimah ke Hotel Zuri Resort Cipanas Cianjur. Sejak Pagi para peserta sudah berdatangan bersama keluarga, anak dan cucu. Musim hujan saat itu tidak seperti biasanya Cipanas yang diguyur hujan sejak siang hari, namun cuaca cerah, secerah para lansia datang dengan penuh keceriaan. Tegur sapa dan salam saling bergantian, menambah keakraban dan kekeluargaan.

Tepat ba’da Asar Pembukaan Pesantren Lansia oleh Pembina Yayasan Generasi Tangguh Mulia al-Ustadz Abu Nida Fatahullah, Lc beliau menyampaikan urgensi menuntut ilmu dan pahala besar bagi orang yang belajar ilmu agama. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk menggapai Husnul Khatimah dibutuhkan persiapan dan bekal yang cukup salah satunya dengan mengikuti pesantren lansia, lalu beliau mengucapkan Basmallah sebagai tanda Pesantren Lansia dibuka.

MC yang bertugas al-Ustadz Anas Malik membacakan susunan acara berikutnya yaitu Nasihat yang disampaikan oleh al-Ustadz Abu Rufaydah Endang Hermawan, Lc. MA selaku Pembinan Yayasan Generasi Tangguh Mulia devisi Pendidikan, beliau menyampaikan beberapa nasihat pentingnya menuntut ilmu, lalu menyampaikan kisah pembunuh 100 nyawa dan faidah yang beliau sampaikan diantaranya pentingnya bertanya kepada ahli ilmu, konsisten dalam kebaikkan sampai ajal menjemput dan lingkungan yang baik.

Pembukaan Pesantren Lansia kali ini berbeda dengan pembukaan pesantren lansia sebelumnya, yaitu kehadiran ketua LAZIS Gen Tangguh Bapak Muchkandar Widodo, S. Pd, selain itu hadir pula al-Ustadz Didin Wahyudin selaku Ketua pengurus Yayasan Generasi Tangguh Mulia dan ketua Panitia PL Husnul Khatimah.

62 orang peserta Pesantren Lansia Husnul Khatimah yang berdatangan dari berbagai kota, seperti JABODETABEK, Tegal Jawa Tengah, Palembang Sumatra, Medan dan Kota lainnya. Setiap peserta membawa kisah perjalanan menuntut ilmu yang seru dan menarik, semoga lelah letih perjalanan dan menuntut ilmu ini menjadi pemberat timbangan di akhirat. Aamiin.

Lebih dari 5 malam 6 hari peserta mengikutin Pesantren Lansia dengan beragam kegiatan, seperti kajian Fiqh tentang shalat dan kajian Aqidah tidak lebih dari 7 kali pertemuan, belajar tahsin setiap ba’da Asar dan Qiyamullail semakin menambah sejuknya cuaca Cipanas. Banyak kesan dan pesan yang disampaikan oleh para peserta selain materi kajian yang menarik, tempat yang kondusif juga suasana yang akrab antar pengurus lanasia dan peserta yang sulit untuk dilupakan.

Penutupan Pesantren lansia dilaksanakan malam Sabtu ba’da Isya. Perwakilan peserta oleh bapak Bustomi Gumay peserta asal Cilegon, beliau menyampaikan kesan dan pesan mengikuti PL Husnul Khatimah. Beliau merasa takjub dengan para pengurus yang masih muda namun memiliki perhatian kepada agama dan membantu para lansia. Beliau dan peserta siap membantu dan bekerjasama dengan Yayasan dalam mewujudkan wafat husnul Khatimah.

Adapun pengurus Pesantren Lansia Husnul Khatimah angkatan ke 2 yang terpilih menjadi ketua yaitu bapak Bustomi Bumay, wakil ketua bapak Kaharudin, Sekretaris bapak Soleh Basarah dan Ibu Eny Wartati serta Bendahara Ibu Sarifani Simanjuntak. Semoga terbentuknya kepengurusan ini memudahkan dalam berkomunikasi, koordinasi dan silaturrahmi.

Cianjur, 21 November 2021 l 16 Rabiul Akhir 1443 H

Admin CKS

Leave a Comment