PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 5

 1,919 total views,  4 views today

PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 5
Oleh Abu Rufaydah

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ughtala min tahtii.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh).” (Dibaca 1 x)

Faedah: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah pernah meninggalkan do’a ini di pagi dan petang hari. Di dalamnya berisi perlindungan dan keselamatan pada agama, dunia, keluarga dan harta dari berbagai macam gangguan yang datang dari berbagai arah. (HR. Abu Daud no. 5074 dan Ibnu Majah no. 3871. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Pelajaran dari doá di atas :

  1. Al-Afiyah yaitu keselamatan dari segala musibah pada dunia dan agama. Sehingga dengan musibah tersebut seorang hamba diberikan kesabaran.
  2. Diberikan afiyat di dunia yaitu pada badan, harta, keluarga dan segala kebutuhan dunia seorang hamba. Permintaan secara khusus pada keluarga dan harta karena kebutuhan seorang hamba pada keduanya melebihi kebutuhan pada yang lain.
  3. Harta dan keluarga adalah ujian karena itu seorang hamba memohon pertolongan kepada Allah agar diberikan keselamatan dari ujian harta dan keluarga yang melalaikan mengingat Allah.
  4. Diberikan afiyat di akhirat yaitu pada agamanya, kehidupan di alam barzah sampai menuju Allah Taála ia diselamatkan dari ujian akhirat dengan dijauhkannya dari neraka.
  5. Memohon ampunan kepada Allah dari segala dosa dan maksiat yang akan menyeretnya ke dalam neraka.
  6. Memohon afiyat kepada Allah untuk ujian dalam agama atau ujian dan musibah dunia yang terjadi pada keluarganya atau hartanya.
  7. Memohon kepada Allah agar ditutupi aurat yang ada pada seorang hamba.. Aurat pada badannya atau aib yang ada pada diri seorang hamba dari melakukan dosa dan kemaksiatan.
  8. Memohon kepada Allah dari rasa takut yang menghilangkan ketentraman pada jiwa. Takut dengan masa depan di dunia dan di akhirat.
  9. Memohon kepada Allah agar dijaga dari segala arah yang akan menyebabkan kemadhorotan kepada seorang hamba.

Cianjur, 14 Jumadil Ula 1443 H/20 Desember 2021

Baca dzikri pagi petang sebelumnya di PENJELASAN DZIKIR PAGI KE 4

1 thought on “PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 5”

Leave a Comment