PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 1

 1,241 total views,  2 views today

PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 1

Oleh Abu Rufaydah

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya:

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.” (Dibaca 1 x). HR. Muslim no. 2723)

Faedah: Meminta pada Allah kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya, juga agar terhindar dari kejelekan di hari ini dan kejelekan sesudahnya. Di dalamnya berisi pula permintaan agar terhindar dari rasa malas padahal mampu untuk beramal, juga agar terhindar dari kejelekan di masa tua. Di dalamnya juga berisi permintaan agar terselamatkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang merupakan siksa terberat di hari kiamat kelak. (Syarh Hisnul Muslim, hal. 161)

PELALAJARAN DARI DOÁ DIATAS :

  1. Di antara adab dalam berdoa yaitu memulai dengan pujian kepada Allah.
  2. Allah Maha Merajai menunjukkan semua makhluknya berada di bawah kekuasannya dan Allah Yang Memilikinya. Semua yang didapatkan oleh makhluk adalah pemberian-Nya.
  3. Allah Maha Terpuji menunjukkan bahwa dalam setiap kondisi dianjurkan untuk memuji Allah terutama pada waktu pagi dimana nikmat dan curahan kasih sayangnya melimpah kepada hamba-Nya.
  4. Allah satu-satu-Nya Dzat yang berhak diibadahi dengan benar. Menunjukkan bahwa semua peribadahan selain Allah adalah peribadahan yang batil. Bentuk kita memuji Allah dengan karunia nikmatnya yaitu hanya beribadah kepada Allah.
  5. Milik Allah kerajaan dan pujian. Agar kita tahu bahwa hanya kerjaan Allah-lah yang dibalut dengan kesempurnaan pujian bagi-Nya. Menunjukkan bahwa kerjaan dunia tak luput dari kekurangan dan celaan.
  6. Allah yang maha merajai, yang maha terpuji dan jika ia berkehendak maka semua akan terjadi demikian juga sebaliknya. Karena Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.
  7. Di waktu pagi ini kita memohon semua kebaikkan  di dunia agar diselamtkan dari segala marabahaya, diberikan nikmat dan rasa aman pada diri sendiri, keluarga dan harta. Demikian juga kebaikkan di akhirat agar dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari siksa.
  8. Juga berlindung dari semua keburukan pada hari itu, yaitu keburukan diri sendiri, orang lain dan semua keburukan yang akan merugikan di dunia dan akhirat.
  9. Di antara keburukan itu adalah rasa malas, terutama rasa malas pada pagi hari. Malas untuk beraktifitas dan malas untuk mengerjakan kebajikan.
  10. Berlindung dari keburukan di masa tua, keburukan sifat dan tabiat dan sulit untuk melakukan kebajikan.
  11. Berlindung kepada Allah dari siksa neraka dan siksa kubur. Menunjukkan bahwa azab dan nikmat kubur itu ada.

Cianjur Kota Santri, 4 Jumadil Ula 1443 H / 10 Desember 2021

Baca juga PENJELASAN DZIKIR PAGI KE 2

2 thoughts on “PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 1”

Leave a Comment