PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 9

 1,639 total views,  4 views today

PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 9
Oleh Abu Rufaydah

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ

Yaa Hayyu Yaa Qoyyum, bi-rohmatika as-taghiits, wa ash-lih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin

Artinya:

“Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dariMu).” (Dibaca 1 x)

Keutamaan :

قال النبي ﷺ لفاطمة -رضي الله عنها-: ما يمنعكِ أن تسمعي ما أُوصيكِ به؟ أن تقولي إذا أصبحتِ وإذا أمسيتِ: يا حيّ، يا قيّوم، برحمتك أستغيث، أصلح لي شأني كلَّه، ولا تكلني إلى نفسي طرفةَ عينٍ.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda kepada Fathimah Radhiallahu Anha; “Apa yang menghalangimu untuk mendengarkan apa yang aku wasiatkan kepadamu ? Hendaknya pada pagi hari dan sore hari engkau mengucapkan

Yaa Hayyu Yaa Qoyyum, bi-rohmatika as-taghiits, wa ash-lih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin(HR. Ibnu As Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 46, An Nasai dalam Al Kubro (381/ 570), Al Bazzar dalam musnadnya (4/ 25/ 3107), Al Hakim (1: 545). Sanad hadits ini hasan sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 227)

Pelajaran dari doá di atas :

  1. Perhatian seorang ayah kepada anaknya terutama anak wanita.
  2. Wasiat dianjurkan pada saat safar atau menjelang meninggal.
  3. Doá ini dianjurkan dibaca pada pagi dan petang hari.
  4. Anjuran berdoá kepada Allah dengan asmaul husna.
  5. Allah Yang Maha Hidup, kehidupan Allah tidak diawali dengan ketiadaan dan tidak diakhiri dengan kematian.
  6. Kehidupan Allah adalah kehidupan yang sempurna yang tidak mengandung unsur kecaatan dan aib.
  7. Allah Al-Qoyyum yang maha berdiri sendiri, semua makhluk bergantung kepada-Nya dan membutuhkan rahmat dan kasih sayang-Nya.
  8. Anjuran untuk memohon kepada Allah dengan rahmat-Nya.
  9. Anjuran untuk beristiqhotsah hanya kepada Allah.
  10. Istiqhotsah yaitu memohon pertolongan kepada Allah dalam perkara yang sulit.
  11. Memohon kepada Allah agar diperbaiki segala urusan, termasuk di dalamnya urusan dunia dan akhirat.
  12. Memohon perlindungan kepada Allah agar tidak diberikan beban masalah kepada diri sendiri tanpa pertolongan dari Allah.
  13. Doá ini mengandung permohonan kebaikkan seorang hamba di dunia dan di akhirat serta menunjukkan akan kelemahan seorang hamba di hadapat Dzat Yang Maha Kuat.

Cianjur, 29 Desember 2021 / 24 Jumadil Ula 1443

Baca sebelumnya di PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 8

1 thought on “PENJELASAN DZIKIR PAGI PETANG KE 9”

Leave a Comment