PENGGALAN HIKMAH DARI KISAH KHADIJAH

 464 total views,  4 views today

Oleh Ust. Abu Rufaydah

  1. Kecerdasaan akal pikiran Khadijah dalam memilih suami yang shalih serta bersegera meminangnya, demi mendapatkan kebaikan dan anak keturunan yang shalih.
  2. Mendahulukan akal daripada perasaan serta mendahulukan kebahagiaan hidup di akhirat daripada kehidupan dunia, walaupun harus ditebus dengan penderiataan hidup di dunia. Hal ini terlihat ketika Khadijah memilih untuk menempuh jalan dakwah dan menebarkan islam bersama Nabi.
  3. Anjuran mengutamakan cinta kepada suami dan ketentramannya daripada kecintaan dan keinginan pribadi untuk selalu dekat dengannya. Hal ini terlihat saat Khadijah ditinggal Nabi untuk beribadah di Gua Hira
  4. Anjuran berfikir jernih dan penuh hikamah dalam menelesaikan suatu perkara. Hal ini terlihat jelas ketika Khadijah menenangkan Nabi yang ketakutan saat pertama kali menerima wahyu.
  5. Keyakinan kuat kepada Allah akan meringankan semua perkara sulit dan beban yang berat. Hal ini tergambar dari keyakinan beliau bahwa suaminya adalah seorang Nabi umat ini, yang nantinya akan diusir oleh kaumnya dari kampung halamannya.
  6. Cepat memahami keadaan dan memberi jawaban yang baik menunjukkan kecerdasan akal fikiran serta bagusnya pemahaman dan adab Khadijah. Hal ini terlihat ketika menjawab salam dari Allah dan Malaikat Jibril.
  7. Perasaan yang tulus serta mencurahkan segalanya untuk Allah dan Rasul-Nya merupakan salah satu sebab keselamatan dan kesuksesan dalam berdakwah. Hal ini terlihat dari pertama kali Nabi menerima Wahyu.
  8. Khadijah seorang wanita kaya nan dermawan. Ia berikan semua hartanya di jalan Allah. Hal ini tergambar dari semua pengorban yang diberikan Khadijah untuk Suaminya.
  9. Diantara kesuksesan Khadijah dalam mendidik anaknya adalah ia mampuh mengislamkan semua anaknya.
  10. Pengaruh ketulusan di dalam tarbiyah dalam menerima panggilan Allah dan Rasul-Nya dengan segera, serta tunduk dan patuh terhadap syari’at dan sunnah Rasulnya. Hal ini terlihat dari pengaruh keimanan yang ditanamkan Khadijah kepada putra-putrinya.

 

📖 Disadur secara ringkas dari Kitab  Silsilah Ummahaat al Mu’minin Wa Da’waru Ilallah

 

📚 Artikel ini disebarluaskan oleh

@CKS (Cianjur kota Santri).

🌍www.cianjurkotasantri.com/wp/wp.

🌐 IG, FP . Cianjurkotasantri

👉  join Telegram  klik : Bit.ly/1S79GTK

📱 Atau Via WA dengan mengetik Daftar#Nama#L/P#Alamat kirim ke +6285624098804

Leave a Comment