10 TIPS MENUJU KEBAHAGIAAN

 6,034 total views,  4 views today

10 TIPS MENUJU KEBAHAGIAAN
Disusun Oleh Abu Rufaydah

Sukses dan bahagia dambaan setiap manusia. Kebagaiaan akan semakin terasa maksimal jika dijauhkan dari segala hal yang mengurangi kebahagiaan. Jika kebahagiaan dan kesuksesan menjadi faktor utama manusia untuk meraihnya, maka segala cara akan mereka tempuh sekali pun sukar nan sulit.

Seorang anak yang memiliki cita-cita menjadi seorang pilot, maka ia akan mengarahkan semua potensi yang dia miliki untuk meraihnya. Mulai dari sekolah tingkat dasar sampai jenjang kuliah, ia akan belajar menuju tangga cita-cita yaitu dokter. Kenapa ia begitu semangat untuk meraihnya ? karena ia merasa bahwa menjadi seorang pilot akan membuatnya bahagia dan sukses.

Orang beriman akan berfikir lebih dari sekedar dunia yang dia tempati, namun ia akan berfikir dan merencanakan bagaimana ia mampu bahagia dunia dan Akhirat. Syaikh Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Abbad Hafidhohumallah menulis sebuah buku yang berjudul Asyru Maujibaat Lin Najah. Dalam buku tersebut Beliau menyebutkan 10 cara menggapai kesuksesan; diantaranya :

1.Mentauhidkan Allah dan Ikhlas dalam beragama.
Tidak ada sebab yang paling besar untuk meraih kesusksesan di hari kiamat melebihi mentauhidkan Allah. Mentauhidkan Allah menjadi tujuan utama manusia dan jid diciptakan. Karena itulah tauhid menjadi sebab utama seorang mukmin mendapatkan kesuksesan. Dengan mentauhidkan Allah maka ia akab mendapatkan dua hal, pertama selamat dari siksa neraka dan kedua selamat dari kekekalan di dalam neraka.

2. Mengikuti Nabi.
Ketika ingin menjadi orang sukses dan bahagia, maka ikutilah orang yang telah mendapatkannya yaitu Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. Dialah yang Allah jamin untuknya surga dan membuka pintu surga. Karena itulah umatnya diwajibkan untuk mengikuti sunnahnya. Tidak ada jalan menuju kesuksesan dunia dan akhirat kecuali dengan meniti jalan sunnahnya.

3. Takut dan Taqwa kepada Allah.
Allah Taála berfirman;

وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَيَخْشَ ٱللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْفَآئِزُونَ
Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan. (QS. An-Nur : 52).

Ayat di atas menunjukkan bahwa agar menjadi orang yang menang dan sukses maka taati Allah dan Rasul-Nya, takut serta bertakwa kepada-Nya.

4. Menjaga Lisan.
Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda : Barangsiapa yang diam, maka dia akan selamat. (HR. at-Tirmizi).
Diantara penyebab seseorang gagal sukses di dunia dan di akhirat yaitu tidak mampu mengendalikan lisannya.

5. Lari dari Fitnah.
Nabi Shalallahu Alaihi Wasallah bersabda : Berlindunglah kepada Allah dari fitnah yang nampak atau yang tersembunyi. (HR. Muslim). Fitnah diantara penyebab seseorang tidak bahagia, karena itulah Nabi memerintahkan umatnya untuk menjauhi segala sarana menuju kepada fitnah.

6. Memperbanyak Doá dan Bersandar kepada Allah.
Doa pembuka setiap kebaikkan dunia dan akhirat. Ketika seorang hamba mengetahui bahwa kesuksesan dunia akhirat tidak akan pernah ia capai kecuali atas izin Allah, maka ia akan berdoa dan memohon kepada-Nya.

7. Selalu Bertaubat dan Beristighfar.
al-Qurán dan as-Sunnah telah menjelaskan akan keutamaan taubat dan istighfar. Diantaranya akan menyebabkan pelakunya mendapatkan ampuan dari Allah untuk menggapai kebahagian dunia dan akhirat.
Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda : Beruntunglah orang yang mendapati pada catatan amalnya istighfar yang banyak. (HR. Ibnu Majah).

8. Hati-hati terhadap Ujub.
Untuk mendapat kesusksesan maka ia harus menjauhi sifat ujib atas amal yang telah ia kerjakan atau terpedaya dengan ketaatan yang ai perbuat. Karena itu seorang hamba harus senantiasa sadar bahwa ia lemah dan serba kekurangan.

9. Selalu Mengingat Hari Perhitungan dan Ia akan Menghadap Allah,
Ketika seorang hamba menyadari dan mengimani bahwa setiap amalan kebaikkan atau keburukan akan dibalas di hari kiamat dan ia akan menghadap Allah untuk menerima catatan amalannya, maka hendaknya ia senantiasa takut kepada Allah yang membawanya kepada ketaatan.

10. Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
Diantara syiar Islam yang paling besar yaitu mengajak kepada kabajikan dan mengingatkan bahayanya kemungkaran. Tentunya dua hal ini harus dibangun di atas ilmu.

Demikian 10 Tips menggapai kesuksesan seorang hamba yang dirangkum dari buku Syaikh Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Abbad semoga Allah menjaga beliau dan keluarganya.

Leave a Comment