DO’A KETIKA HUJAN LEBAT

 1,425 total views,  2 views today

DO’A KETIKA HUJAN LEBAT

Oleh Abu Rufaydah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a,


اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ


“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

[Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897)

Ibnul Qayyim mengatakan, ”Ketika hujan semakin lebat, para sahabat meminta pada Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam untuk memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah. Akhirnya beliau membaca do’a di atas.” (Zaadul Ma’ad, 1: 439)

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa do’a di atas dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak bahaya. (Lihat Dzikru wa Tadzkir, hal. 28).

Pelajaran yang dapat diambil :

  1. Memohon kepada Allah agar diturunkan hujan.
  2. Allah yang mengatur hujan.
  3. Air hujan suci dan mensucikan.
  4. Ketika hujan deras dianjurkan untuk berdoa dengan doá di atas.
  5. Mustajabnya doá ketika turun hujan.
  6. Hujan tidak boleh ditolak karena itu karunia dari Allah, tapi mohonlah agar dialihkan ke tempat yang membutuhkan seperti daratan tinggi, gunung dan tumbuh-tumbuhan.
  7. Anjuran berdoá ketika hujan dan setelah hujan

Cianjur Kota Santri, 7 Jumadil Ula 1443 H / 12 Desember 2021

Leave a Comment