HARUSKAH NIAT DI MALAM HARI UNTUK PUASA SUNNAH ?
Dari Aisyah Ummul Mukminin Radhiallahu Anha, ia berkata,
دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ « هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ ». فَقُلْنَا لاَ. قَالَ « فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ ». ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِىَ لَنَا حَيْسٌ. فَقَالَ « أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا ». فَأَكَلَ.
“Pada suatu hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemuiku dan bertanya, “Apakah kamu mempunyai makanan?” Kami menjawab, “Tidak ada.” Beliau berkata, “Kalau begitu, saya akan berpuasa.” Kemudian beliau datang lagi pada hari yang lain dan kami berkata, “Wahai Rasulullah, kita telah diberi hadiah berupa Hais (makanan yang terbuat dari kurma, samin dan keju).” Maka beliau pun berkata, “Bawalah kemari, sesungguhnya dari tadi pagi aku berpuasa, lalu beliaupun makan” (HR. Muslim no. 1154).
Imam An Nawawi rahimahullah memberi judul dalam Shahih Muslim, باب جواز صوم النافلة بنية من النهار قبل زوال “Bab: Bolehnya melakukan puasa sunnah dengan niat di siang hari sebelum waktu zawal (bergesernya matahari ke barat) dan bolehnya membatalkan puasa sunnah meskipun tanpa udzur. ”
FAIDAH HADITS
- Hadits ini menunjukkan kesederhanaan pada rumah tangga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
- Hadits ini menunjukkan bolehnya niat puasa sunnah pada waktu siang hari. (Ithaf al-Kiraam, 193).
- Puasa sunnah niatnya boleh di siang hari sebelum waktu zawal (sebelum matahari bergeser ke barat). Inilah pendapat mayoritas ulama. (Imam an-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim dan Taudhihul Ahkam, II/518).
- Kata Faakala menunjukkan bolehnya berbuka pada puasa sunnah walau pun tanpa ada uzur. (Ithaf al-Kiraam, 193).
- Puasa sunnah boleh berbuka di siang hari, hanya saja menyempurnakannya jauh lebih utama. (Taudhihul Ahkam, II/519).
- Adapun bagi yang tidak melaksanakan haji atau umrah, disunnahkan menyempurnakannya, karena menyempurnakan ibadah lebih utama. (Syarhul Iqna’).
- Puasa sunnah merupakan pilihan bagi seseorang ketika ia ingin memulainya, begitu pula ketika ia ingin meneruskan puasanya. (Imam an-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim).
- Imam an-Nawawi rahimahullah berkata :
إذا أفسد الإنسانُ صَومَه النَّفلَ، فلا يجِبُ عليه القضاءُ، وهذا مذهَبُ الشَّافِعيَّة
Jika rusak atau batal pada puasa sunnah maka tidak ada qodho baginya. (al-Majmu’ Syarah al-Muahadzab, 6/394).
Ditulis oleh Ust. Abu Rufaydah Endang Hermawan
Cianjur, 6 Rajab 1439 H/ 22 April 2018
Bacaan lain tentang puasa WAJIB NIAT DI MALAM HARI UNTUK PUASA WAJIB
Referensi :
- Shahih Muslim
- Bulughul Maram
- Syarhul Iqna’
- Syarh Shahih Muslim
- Al-Majmu Syarah al-Muhadzdzab.
- Taudhihul Ahkam.
- Ithaf al-Kiraam.